Keanekaragaman Hayati Indonesia

Indonesia adalah negara yang mempunyai luas wilayah darat 1,3% dari seluruh wilayah darat dunia dan mempunyai wilayah perairan ±3.650.000km². Panjang garis pantainya lebih dari 81.000 km atau hampir 14% panjang garis pantai dunia. Di indonesia terdapat sekitar 29% dari spesis reptil dan spesies amfibi, 16% dari spesies burung dan sekitar 45% dari spesies ikan yang ada di dunia. Indonesia juga memiliki hutan bakau terluas didunia.
Ada beberapa jenis organisme yang ada di indonesia akan tetapi tidak ditemukan di negara lain.
Dalam buku sains biologi, Slamet Prawiro Hartono mengemukakan ada beberapa jenis hewan dan tumbuhan khas yang hanya hidup dan berkembang pada daerah tertetu di indonesia, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Golongan Hewan

  • Komodo, merupakan jenis kadal (reptil) raksasa yang menghuni pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur. Beberapa pakar menganggap bahwa komodo merupakan hewan purba peninggalan zaman prasejarah yang hanya terdapat di indonesia.
  • Burung maleo, merupakan unggas khas indonesia yang ada di sulawesi
  • Burung cendrawasih, burung berbulu indah ini terdapat di indonesia, yaitu di Papua. Karena banyak diminati orang, populasi burung Cendrawasih semakin menurun, sehingga oleh pemerintah dimasukan sebagai salah satu jenis burung yang di lindungi.
  • Badak Jawa dan Sumatera, Walaupun jenis hewan yang sama banyak ditemukan di negara lain, tetapi badak Jawa dan Sumatra memiliki ciri khas sendiri. Kedua jenis badak tersebut terancam punah, sehingga daerah habitatnya dijadikan suaka margasatwa.
  • Orang utan dan beberapa jenis hewan lain yang termasuk dalam famili Pongidae, juga banyak terdapat di indonesia, seperti di pulau Kalimantan dan Sumatra.

2. Golongan Tumbuhan

  • Durian atau Durio zibethinus, merupakan tumbuhan buah yang semula hanya ditemukan di Indonesia, dengan berbagai varietasnya tumbuh dan berkembang di berbagai kepulauan. Beberapa varietas durian yang banyak dikenal adalah varietas petruk dari jepara, Jawa tengah, simas dari Bogor, Jawa Barat dan sitokong dari Ragunan, Jakarta. Saat ini di beberapa negara, misalnya thailand telah dikembangkan durian varietas unggul.
  • Salak atau Salacca edulis, varietasnya cukup banyak seperti salak pondoh dari Sleman, Yogyakarta. Salak bali dari Bali dan salak Condet dari Jakarta.
  • Bunga bangkai atau Rafflesia arnoldi merupakan flora khas Indonesia. Bunga tersebut pertama kali ditemukan oleh Raffles di hutan daerah Bengkulu. Sebenarnya habitat flora tersebut adalah pegunungan Bukit Barisan. Bunga Rafflesia merupakan tumbuhan langka yang di lindungi.
Masih banyak lagi keanekaragaman hayati khas Indonesia yang mempunyai nilai ekonomis sangat tinggi. Beberapa jenis memang terancam punah, tetapi beberapa jenis lainnya terus dikembangkan.
Previous
Next Post »

Mau tau apa komentar kamu ?EmoticonEmoticon

Hosting Unlimited Indonesia