Sejarah Masuknya Islam di Indonesia

Sejarah Masuknya Islam di Indonesia
Sejarah Masuknya Islam di Indonesia
Para pakar sejarah memiliki pendapat yang berbeda tentang masuknya Islam di Indonesia. Mereka memiliki alasan yang berbeda-beda pula. Adapun pendapat-pendapat tersebut adalah sebagai berikut.

1. Islam masuk ke indonesia pada abad ke -1 Hijriah atau 7 Masehi. Agama ini dibawa oleh para pedagang Arab yang berdagang di pelabuhan-pelabuhan nusantara. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya perkampungan arab di beberapa tempat di Pantai Nusantara. Pendapat ini dikemukakan oleh Thomas W. Arnold.
2. Islam masuk ke Indonesia pada abad ke-7 Hijriah dan dibawa oleh para pedagang  dari india. Pendapat ini dikemukakan oleh Snouck Hugronye.
3. Masuknya Islam ke Indonesia dibawa oleh orang-orang dari persia. Pendapat ini dikemukakan oleh Prof. Husein Jaydiningrat.

Dari ketiga pendapat di atas, pendapat yang lebih kuat adalah yang mengatakan bahwa Islam pertama kali masuk ke Indonesia dibawa oleh oranh-orang Arab pada abad ke-7 M. Hal ini dibuktikannya setelah melalui berbagai penelitian dan pengkajian nasional. Kemudian pada buku Islam Sufistik karyabProf. Dr. Alwi Syihab, serta dalam buku Jaringan Ulama Indonesia dan Islam Nusantara karya Prof. Dr. Azyumardi Azra, dinyatakan bahwa pendapat yang paling benar adalah pendapat yang pertama.
Previous
Next Post »

Mau tau apa komentar kamu ?EmoticonEmoticon

Hosting Unlimited Indonesia