Waktu pelaksanaan shalat fardu

Shalat fardu dilaksanakan lima waktu dalam sehari semalam. Kelima waktu tersebut yaitu shalat shubuh, zuhur, ashar, maghrib dan isya. Shalat fardu harus dilaksanakan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Adapun kelima waktu pelaksanaan shalat wajib tersebut adalah :
a. shalat shubuh
Shalat shubuh dilaksanakan mulai dari terbit fajar sidik, yakni fajar putih yang sinarnya terbentang di ufuk timur, hingga terbit matahari.
b. shalat zuhur
Shalat zuhur dilaksanakan dari saat matahari mulai condong ke barat (beberapa saat setelah tengah hari) hingga saat bayangan sama panjangnya dengan benda. Jika bayangam lebih panjang dengan bendaya, maka waktu zuhur telah berakhir.
c. shalat ashar
shalat ashar dilaksanakan mulai dari saat bayangan sudah lebih panjang daripada bendanya hingga saat menjelang terbenamnya matahari.
d. shalat maghrib
shalat maghrib dilaksanakan mulai dari terbenamnya matahari hingga lenyapnya teja (cahaya merah kekuning-kuningan) di ufuk barat.
e. shalat isya
shalat isya dilaksanakan mulai dari hilangnya teja (awan merah) hingga menjelang terbitnya fajar sidik. Adapun waktu yanh terbaik bagi shalat isya adalah sepertiga malam atau seperdua malam
Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
21 December 2015 at 18:24 delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar

Mau tau apa komentar kamu ?EmoticonEmoticon

Hosting Unlimited Indonesia