Sepuluh asmaul husna beserta dalilnya

Asmaul husna mencerminkan sifat-sifat allah swt. Yang Maha Sempurna dan menggambarkan bahwa allah swt. Memiliki sifat-sifat yang baik. Adapun sepuluh asmaul husna yang akan dibahas sebagai berikut.
1. Al aziz (Mahaperkasa)
Allah s.w.t disebut al aziz yang artinya maha perkasa. Keperkasaan Allah swt. Tidak terbatas dan tidak ada yang menandinginya. Berbeda dengan keperkasaan manusia tidak kekal dan terbatas. Nama allah ini dijelaskan dalam Q.S al'ankabut [29] ayat 42.

2. Al wahhab
Al wahhab artinya yang maha pemberi. Nikmat dan karunia allah s.w.t. tidak dapat terhitung jumlahnya. Allah s.w.t senantiasa memberikan nikmat dan karunia kepada mahluk-mahluknya secara terus menerus dan tidak ternilai harganya. Allah tidak pernah mengharapkan balasan dalam bentuk apapun dari mahluknya atas seluruh nikmat dan karunianya tersebut. Nama allah ini dijelaskan dalam Q.S ali imran [3] ayat 8.

3. Al fattah
Al fattah adalah maha pembuka rahmat. Allah swt. Membuka pintu bagi siapapun dan atas kehendaknya tidak seorangpun yang dapat menolak rahmatnya. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam dalam firmannya Q.S fatir [35] ayat 2.
Al fattah juga dapat diartikan Maha pemberi keputusan. Keputusan Allah s.w.t tidak mungkin keliru dan tidak seorangpun yang terzalimi atas keputusannya. Karena Allah adalah hakim yang paling adil. Nama allah ini dijelaskan dalam Q.S saba [34] ayat 26.

4. Al qayyum
Al qayyum artinya Maha Berdiri Sendiri. Allah swt. Mengurus segala urusan mahluknya sendirian tanpa bantuan siapapun. Berbeda dengan manusia yang selalu memerlukan bantuan orang lain, karena kemampuan manusia sangat terbatas dan diliputi berbagai kelemahan. Nama allah al qayyum ini disebutkan dalam al quran diantaranya Q.S ali imran [3] ayat 2.

5. Al hadi
Al hadi artinya Maha pemberi petunjuk. Allah swt. Memberikan petunjuk kepada hamba-hambanya yang dia kehendaki. Petunjuk allah swt. Adalah kebenaran tentang ajaran agama yang akan membimbing ke jalan yang lurus. Nama allah ini dijelaskan dalam Q.S Al qasas [28] ayat 56.

6. As salam
As salam artinya Maha sejahtera. Allah swt. Tidak membutuhkan apapun dan tidak kekurangan apapun. Allah swt. yang memberi kesejahteraan bagi mahluk ciptaannya. Hanya kepadanya lah kita memohon kesejahteraan. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam Q.S al hasyr [59] ayat 24.

7. Al alim
Al alim artinya Maha mengetahui. Allah swt. Maha Mengetahui atas segala sesuatu. Baik segala sesuatu yang nampak maupun yang tersembunyi, tidak terbatas ruang dan waktu. Allah maha mengetahui atas segala peristiwa sebelum, tengah terjadi dan yang akan terjadi. Nama allah ini dijelaskan dalam Al an-am [6] ayat 59.

8. As sami
As sami artinya maha mendengr. Tidak ada suara apapun yang luput atas pendengarannya walaupun suara itu sangat pelan. Nama allah ini sebagaimana dijelaskan dalam firmannya Q.S ibrahim [14] ayat 39.

9. Ar razaq
Ar razaq artinya maha pemberi rezeki. Allah swt. memberi rezeki kepada seluruh mahluk ciptannya. Allah swt. tidak pilih kasih dalam memberikan rezekinya. Seluruh mahluk sudah ditetapkan ukuran rezekinya masing masing. Hal ini dijelaskan dalam firmannyanQ.S Hud [11] ayat 88.

10. Al latif
Al latif artinya maha lembut. Allah swt. Selalu menghendaki untuk mhluknya kemaslahatan dan kemudahan. Sebagai manusia maka memohonlah kemaslahatannya dan kemudahan dalam segala urusan hany kepadanya. Sebagaimana dijelaskan dalam Q.S asy syura [42] ayat 19.
Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
21 December 2015 at 18:25 delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar

Mau tau apa komentar kamu ?EmoticonEmoticon

Hosting Unlimited Indonesia